Night Diamond Slide Glow 5 Tips Mencegah Motor Mogok Saat Banjir ~ Rio Ridwan Mahendra

Jumat, 13 Februari 2015

5 Tips Mencegah Motor Mogok Saat Banjir

Banjir yang terjadi di beberapa wilayah ibu kota saat ini memang benar benar menjadi momok bagi para pengguna jalan, terlebih pada pengendara sepeda motor. MOGOK, merupakan salah satu hal yang ditakuti pada pengendara ketika harus menerjang banjir di jalanan. Akan tetapi, bagi Anda para pengendara yang dituntut untuk tetap beraktivitas walaupun saat banjir, terserah.me akan memberikan 5 cara mencegah motor mogok saat menerobos banjir.




1. Cek Ketinggian Air
Hal yang wajib dilakukan saat ingin menerjang banjir adalah memastikan ketinggian genangan air tidak sampai ke lubang penyedot udara atau filter udara. Biasanya, air intake atau lubang penyedot udara ini berada di bawah bagasi motor dan di atas mesin. Apabila dirasa ketinggian air berada di bawah titik tersebut, maka langkah menerobos banjirpun bisa dilakukan.

2. Atur Selang Pembuangan Bahan Bakar
Apabila anda masih menggunakan kendaraan roda dua yang menganut sistem pembakaran karburator, maka aturlah selang pembuangan bahan bakar. Selang pembuangan bahan bakar di karburator cukup dihadapkan ke atas untuk menghindari masuknya air ke karburator melalui selang tersebut.

3. Beri Lapisan Pelndung Pada Busi
Busi, merupakan salah satu komponen yang rawan terganggu fungsinya saat menerobos banjir. Untuk mengamankan busi agar tidak terkena air, berikan lapisan gemuk (gumpalan oli) di daerah pinggir keramik kepala busi. Dengan cara ini, maka pasokan listrik dari busi tak akan terganggu walau motor menerjang banjir cukup tinggi.

4. Jangan Ngebut
Banyak pengendara mengira cara menembus banjir yang efektif adalah dengan melaju kencang. Padahal cara ini boleh dibilang kurang tepat karena pada saat menerjang banjir justru membuat gelombang air di sekitar menjadi lebih tinggi serta beresiko masuk ke dalam mesin melalui lubang air intake atau karburator. Cara yang lebih tepat yaitu dengan kecepatan konstan di kisaran 20 km/jam dan dengan rpm sedang. Untuk motor matic adalah dengan melaju konstan dengan rpm sedang dengan memainkan rem untuk memperoleh laju yang diinginkan dan menahan tuas gas di titik yang sama.

5 Jangan Khawatir Knalpot Kemasukan Air
Banyak orang yang mengira, knalpot adalah salah satu area yang menjadi titik lemah motor kala menerjang banjir. Memang, dengan lubang yang cukup besar dan posisi knalpot yang rendah membuat air dapat masuk dengan mudah ke area mesin. Padahal, selama mesin menyala, hampir sedikit peluang air bisa masuk ke dalamnya dalam intensitas yang banyak. Oleh sebab itu, kecepatan konstan selama menerjang banjir wajib dilakukan untuk meminimalisir risiko masuknya air ke knalpot.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management